Sunday 24 March 2013

CERPEN: Katakan Nggak Kalo Bener-Bener Nggak Suka


Katakan Nggak Kalo Bener-Bener Nggak Suka


Oleh: Dina Kusuma W./Dilara Kohana

               Siang itu cuaca panas banget. Teriakan Vivcha memecahkan keheningan di siang yang begitu terik. Vivcha baru aja pulang sekolah dan berteriak-teriak di depan rumah minta dibukakan pintu.
            “Roniii! Bukain pintu, dong... cepetan! Mbakmu keburu garing nih.. panas banget! Aduh lama banget, sih. Ngapain aja tu anak!” Teriak Vivcha di depan rumah
            Tiba-tiba Pak Har keluar dari rumah. Dengan wajah yang penuh kejengkelan Pak Har menegur Vivcha.
            “Heh, bisa diam tidak! Panas-panas gini teriak-teriak! Sekarang tuh waktunya orang istirahat!” Tegur Pak Har yang sedang pulang ke rumah buat tidur siang karena jam kantornya lagi istirahat.
            “Maafin Vivcha Pak Har! Habis nggak ada yang bukain pintu, sih.” Kata Vivcha membela diri.
            “Ya tapi jangan teriak-teriak gitu dong. Di sini tuh perumahan. Pak Har jadi nggak bisa tidur siang, nih!” Protes Pak Har dengan wajah aneh. Gimana nggak aneh coba? Wajah Pak Har tu kelihatan kusut karena nggak bisa tidur. Tapi ada nuansa marahnya juga, loh.
            “Iya, Pak Har, maaf. Ni.. Vivcha buka pintu sendiri, nih!” Jawab Vivcha dengan hati sedikit dongkol tapi dengan muka yang ramah. Ramaaah sekaliii. Vivcha pun membuka pintu gerbang rumahnya dan cepat-cepat memasukkan sepeda motornya ke teras rumah. “Cepet-cepet masuk, ah.. daripada denger Pak Har nyap-nyap tambah nggak jelas!” Gumam Vivcha dalam hati.
****
            “BRUK!” Vivcha melemparkan tasnya di atas sofa sambil uring-uringan gara-gara nggak ada yang bukain pintu buat dia. Saat itu, Roni lagi dengerin musik pake headset keras banget. Jadi percuma aja si Vivcha capek-capek ngomelin adiknya. Tapi Vivcha masih aja tetep ngomel karena dia nggak tahu kalau Roni lagi dengerin musik pake headset keraaas banget.
            Melihat kakaknya yang ngomong seperti tak bersuara, membuat Roni penasaran tentang apa yang diomongin kakaknya ke dia, sehingga dia rela melepaskan headset dari telinganya yang lagi main lagu kesukaannya, yaitu lagu Heal The World-nya Michael Jackson. Emang, sih.. Roni penggemarnya Michael Jackson. Meskipun udah meninggal, karya-karyanya akan tetap hidup di hati penggemarnya. Kayak si Roni, tuh yang tiap hari kudu ngedengerin lagu-lagu Jacko.
            “Udah ah! Capek!” itulah yang hanya didengar Roni dari mulut Vivcha yang tadi nampak bergerak mengeluarkan banyak kata, tapi nggak ada suaranya sehingga membuat Roni jadi penasaran. Tiba-tiba Roni jadi teringat sesuatu.
            “Oiya, Mbak! Tadi Mama pesen kalo mau maem, suruh angetin dulu rawon yang Mama beli tadi.” Kata Roni.
            “Kamu udah maem?” Tanya Vivcha.
“Belum.” Jawab Roni sambil memasang headset ke telinganya.
“Lho, lho, lho.. kok enak?! Kamu sengaja belum maem biar aku yang angetin rawonnya, ya! Curang kamu!” Kata Vivcha mulai marah lagi.
Roni tidak mendengar apa yang dikatakan Vivcha, cuma mendengar suara lagu kesukaannya, apa lagi kalo bukan lagunya Michael Jackson dari headset yang dicolokin ke MP3 barunya.
“Kok diem aja, sih! Mbak dari tadi marah-marah tapi nggak ada respon sama sekali. Nyebelin banget nih anak!” Kata Vivcha sambil menghampiri Roni yang sedang duduk di ruang TV.
“Ooo.. Pantesan dari tadi nggak ada respon pas mbak marah-marah! Jadi begini, ya ternyata.” Kata Vivcha sambil melepaskan headset yang menempel di kuping Roni.
“Eh, eh! Ada apa ini?! Kurang ajar banget sih. Nggak sopan!” Protes Roni kepada Vivcha.
“Kamu yang nggak sopan! Mbak tadi marah-marah tapi kamu nggak dengerin, lebih nggak sopan mana coba?”
“Lho tadi marah-marah, to?” Tanya Roni dengan wajah yang polos dan tidak berdosa.
“Ya ampuuun!! Percuma dong Mbak tadi marah-marah! Mbak tadi tuh manggil-manggil kamu buat bukain pintu, tapi nggak kamu bukain. Mbak jadi teriak-teriak terus buat manggil kamu sampai-sampai Pak Har keluar dari rumahnya buat marah-marahin Mbak. Akhirnya terpaksa Mbak buka pintu sendiri. Udah panasnya kayak di padang pasir, dimarahin tetangga pula. E.. ternyata kamu malah enak-enakan dengerin headset kayak gini! Awas kamu, ya!” Kata Vivcha yang ngomong tanpa jeda titik koma alias ngomel.
“Lho, aku kan nggak tahu. Nggak sengaja gitu loh! Lagian tumben banget, sih minta dibukain pintu segala?!” seru Roni membela diri.
“Halah udah, alesan aja! Angetin rawon sana, gih.. Mbak capek!
“Lho, kok aku yang disuruh angetin, sih?! Aku kan sengaja belum makan demi nungguin Mbak!” Kata Roni. “Tepatnya nungguin Mbak yang angetin sayur, hehehehehe!” Kata Roni lagi dalam hati.
“Halah, kamu nungguin Mbak biar kamu nggak angetin rawon, ya kan??!”
“Lho, kok tahu? Hehehe!” Roni nggak bisa nahan tawa kalo udah ketahuan belangnya.
“Heh, kamu itu udah gede! Udah kelas satu SMP, bantu-bantu dikit gitu aja kok nggak mau, sih! Mbak tu capek baru pulang sekolah. Harusnya kamu yang pulang duluan tu bantuin Mbak, dong! Atau kalo nggak mau Mbak bilangin Mama kalau kamu kemarin nggak les tapi malah ke rental PS! Nggak mau, kan?! Kalo nggak mau rahasiamu ketahuan mama, cepetan angetin rawonnya! Omel Vivcha.
“Bukan kakak yang biasanya!” Kata Roni sambil beranjak dar tempat duduknya untuk pergi ke dapur buat angetin rawon.
****
Saat nunggu rawon yang diangetin mendidih Roni jadi teringat masa lalunya bersama kakaknya sebelum masuk SMA. Dulu kakaknya nggak pernah marah-marah kayak gitu. Apalagi ngancem mau ngadu-ngaduin kesalahannya ke Mama. Mereka tuh kompak banget. Tapi sejak masuk ke SMA tahun ini, kakaknya mulai berubah dan suka ngomel-ngomel yang nggak jelas.
“Ehm.. apa yang terjadi, yaw sama Mbak?!” Tiba-tiba Roni jadi teringat sesuatu. Dia mengambil stapler kesayangannya dan meniupnya tiga kali. Tatkala muncullah sosok yang besar banget tapi, tampangnya imut dan bersayap.
“Ohhohohohohohohohohoho... Tuanku, ada yang bisa aqyu bantu? Tumben banget, tuanku panggil-panggil aqyu?! Sudah empat bulan kita tidak ketemu, kangen niyh?!” Kata sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap sambil memeluk-meluk Roni dengan genitnya.
“Ih.. jijay deh gue sama lo. Lo jangan macem-macem ya, ma gue ntar gue kurung lo di dalam stapler selamanya, mau lo???” Kata Roni yang risih dengan tingkah laku bencong si sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap.
“Yee.. aqyu ya nggak mau-lah..nggak enak hidup di dalem stapler. Soalnya jepretin kertas terus sih. Aqyu kan kaget tiap ada yang jepretin kertas! Tuanku jangan jahat-jahat, dong ma aqyu..!” Sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap itu memelas dengan manjanya ke Roni.
“Ya udah.. aqyu, eh aku minta tolong sama kamu selidikin apa yang udah terjadi sama Mbak Vivcha. Soalnya sejak masuk SMA, Mbak Vivcha tuh suka marah-marah nggak jelas sama aqyu eh, aku. Jadi aku minta tolong sama kamu, tolong selidikin apa yang udah bikin dia suka ngomel kayak gitu. Padahal dulu kita tuh kompak banget.” Kata Roni sambil membenarkan lidahnya yang nggak mau ketularan bencong.
“Okey.. dehhh, tuanku!! Apa sih yang enggak buat tuanku yang paling cakep sedunia!” Kata sosok yang besar banget tapi tampangnya imut dan bersayap.
“Baguslah..!” Kata Roni. Tiba-tiba Roni mencium bau gosong dan ternyata bau gosong itu bersumber dari rawon yang diangetinnya.
“Waaa... gimana ini??? Mama pasti marah-marah! Roni kebingungan.
“Tenang aja tuanku.. aku sulap jadi sediakala, deh.” Mulut sosok yang besar banget tapi tampangnya imut dan bersayap itu nampak komat-kamit. Dan rawon di atas kompor berubah menjadi sapi.
“Mooooo....” Seru sapi itu.
“Tidaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!”  Seru Roni yang kaget, bingung, dan jengkel sama sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap.
“Roniiii, diem! Mbak mau tidur!” Bentak Vivcha dari kamar.
****
            Keesokan harinya, sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap itu.. Eh, sebentar-sebentar, pembaca! Rasanya kepanjangan pake nama sosok yang besar banget, tapi tampangnya imut dan bersayap. Enaknya namanya diganti ‘Tante Jin’ aja, okay! Nah kita ulang lagi (sorry ya pembaca kalo jadi agak ribet, hehehehe!). Keesokan harinya, Tante Jin pergi membuntuti ke mana pun Vivcha pergi buat nyelidikin apa yang bikin Vivcha suka marah-marah nggak jelas. Bahkan Tante Jin juga ikut-ikutan sekolah buat nyelidikin si Vivcha, meskipun nyamar jadi belalang.
            “Vivcha, kamu sekarang lagi sibuk, nggak??” Tanya Sonia kepada Vivcha yang jelas-jelas lagi makan bakso di kantin pas istirahat, tentunya.
            “O.. enggak, ada apa Viv?” Vivcha balik tanya dengan ramah. Tapi batinnya, “Huh, ganggu orang makan aja!”
            “Aku mau ikutan kasting di lima tempat gitu deh.. Jadi hari ini aku tu sibuk banget, dan aku mau minta tolong sama kamu. Tolong buatin surat ijin sekarang dong Viv, ya..nanti biar aku yang kasihkan ke guru BP, ya ya..!” Kata Sonia memelas.
            “O iya.. iya..! Sekarang nih, aku bikinin? Mana kertasnya?” Kata Vivcha.
            “Aduh, kertasnya ada di dalem tas dan tasku di kelas.. aku minta kertasmu aja, deh.. soalnya aku capek jalan bolak-balik ke kelas dari tadi.” Kata Sonia.
            “Iya deh aku ambilin dulu, ya.” Kata Vivcha sambil berlari ke kelas meninggalkan semangkuk penuh bakso yang sedang menjadi santapannya buat ngambil kertas yang ada di dalam tasnya. Tapi batinnya, “Huh, nggak modal banget sih tu anak. Nglunjak!”
            “Kalo gini kan enak.. gue bisa santai sambil makan bakso sementara Vivcha yang repot. Hehehe! Bang pesen baksonya satu mangkuk!” Kata Sonia pas Vivcha ngambil kertas.
            Tak lama kemudian Vivcha muncul sambil membawa kertas dan bolpen.
            “Aduuh makasih Vivcha udah diambilin, aku jadi ngrepotin kamu, nih!” Kata Sonia dengan tampang sok imut sambil makan bakso yang ia pesen sendiri.
            “O.. nggak pa pa, kok sesama teman kan harus saling membantu.” Kata Vivcha dengan ramah. Tapi batinnya nggak ramah.
            “Iya.. kalo ada Vivcha jadi tertolong nih, makasih ya Vivcha..sekarang tolong tulisin, ya!” Kata Sonia tetep sambil makan bakso dengan lahapnya.
            “Baik-baik aku tuliskan.” Kata Vivcha sambil membuka bolpen buat menuliskan surat ijinnya Sonia. Saat itu Sonia sedang makan bakso yang masih panas, sementara baksonya Vivcha sudah dingin. Batin Vivcha sebel ngeliat tingkah Sonia yang seenaknya sendiri. Setelah selesai menuliskan surat ijin, Sonia juga sudah selesai makannya dan langsung pergi ke ruang BP setelah berterima kasih kepada Vivcha dengan muka sok imut. Saat Vivcha mau melanjutkan kembali makan baksonya, tiba-tiba bel berbunyi menandakan jam istirahat udah selesai. Vivcha pun berteriak-teriak dalam hati menyumpahi Sonia yang menggangu waktu makan baksonya.
            Dari kejauhan, Tante Jin yang lagi jadi belalang manggut-manggut ngeliat kejadian itu. “Pantesan suka marah-marah nggak jelas,” Pikir Tante Jin.
            TENGTENG!! Waktu pulang sekolah, Vivcha dimintai tolong sama teman-temannya untuk menggantikan mereka piket. Di sekolah Vivcha, anak yang piket untuk hari berikutnya dilakukan sehabis pulang sekolah. Dan seperti biasa Vivcha menyanggupi permintaan teman-temannya dengan muka yang ramah tapi hati nggak ramah.
            Dari kejauhan, Tante Jin yang lagi jadi belalang manggut-manggut sangat cepat di antara dedaunan karena memahami apa yang dipikirkan Vivcha. Tiba-tiba Tante Jin punya ide. Dia melompat di atas kepala Vivcha saat Vivcha sedang menyapu lantai kelas. Saat itu Vivcha merasa ada yang aneh di kepalanya dan cepat-cepat menyelesaikan pekerjaannya karena dia merinding.
****
            “Hallo, Vivcha! Kamu lagi ngapain nih??” Tanya Ninda
            “Oh, aku lagi bikin pe-er Nin..!” Jawab Vivcha.
            “Wah, kebetulan banget! Aku belum bikin pe-er nih.. soalnya aku lagi di rumah nenek di luar kota gitu, deh.. aku boleh minta tolong ma kamu, nggak??”
            “Oo.. tentu saja boleh! Mau minta tolong apa?”
            “Tolong kamu besok berangkat lebih pagi, kalo boleh aku mau nyalin pe-er kamu.. ya!”
            “Iya silakan aja, aku seneng kok bantuin kamu!” Kata Vivcha dengan ramah. Tapi dalam hati dia berkata, “Dasar pemalas!” Tiba-tiba belalang dikepalanya membesar. Vivcha memegang kepalanya. Dia merasakan ada sesuatu di kepalanya. Tiba-tiba dia mendengar sesuatu.
            “Hohohohohohoho!!! Kalo kamu bertingkah seperti itu terus aqyu akan tinggal selamanya di kepalamu dan akan terus membesar setiap kamu mengiyakan permintaan yang nggak pernah kamu sukai.” Kata si belalang alias Tante Jin.
            “Heii, siapa lo?? Pergi nggak dari kepala gue.., Pergi! Hush Hush!” Kata Vivcha yang mulai marah sambil mengusir belalang yang ada di kepalanya. Saking marahnya, Vivcha nggak kaget kalo ada belalang yang bisa ngomong.
            “Nggak bisa! Sampai kamu bisa menolak hal yang bener-bener nggak kamu inginkan sama temen-temenmu! Dan aqyu akan terus membesar setiap kamu mengiyakan sesuatu yang nggak kamu sukai, paham?!” Kata si belalang alias Tante Jin.
            “Halo, halo, Vivcha, kenapa kamu teriak-teriak?” Tanya Ninda. Saat itu Vivcha lagi berantem dengan belalang yang ada di kepalanya. Dia mengusir paksa belalang yang ada di kepalanya sekuat tenaga tapi tetep nggak bisa.
****
            Keesokan harinya Vivcha datang lebih pagi karena telpon Ninda semalem. Ninda minta supaya Vivcha ngasih contekan pe-er ke dia. Dan seperti biasa Vivcha mengiyakan permintaan temannya. Dengan wajah yang ramah dan hati yang dongkol banget, tentunya.
“Vivcha, akhirnya kamu datang juga. Aku juga baru datang, kok. Semalem kenapa sih kamu putusin telponku secara tiba-tiba?” Tanya Ninda
“Nggak papa, kok hehe!” Kata Vivcha sambil memegangi kepalanya buat menutupi belalang yang semakin membesar di kepalanya.
            “Oh, ya mana pe-ernya?” Tanya Ninda tanpa basa-basi.
            “Ini..!” Jawab Vivcha sambil menyerahkan buku pe-ernya kepada Ninda.
            “Aku pinjem bolpennya sekaliyan juga, dong..Viv?” Pinta Ninda kepada Vivcha.
            “Iya, sebentar kuambilin!” Kata Vivcha dengan ramah tapi dalam hati dia ngomel. Vivcha mengambil bolpen dari dalam tasnya Tiba-tiba belalang di kepalanya membesar lebih berat dari yang sebelumya. Vivcha langsung lari ke toilet supaya belalang di kepalanya nggak ketahuan Ninda.
            “Vivcha, Vivcha mau ke mana? Mana bolpennya??” Tanya Ninda. Tapi pertanyaan Ninda terpaksa nggak digubris Vivcha, karena Vivcha takut ketahuan ada belalang besar yang tinggal di kepalanya.
            “Hohohohohoho! Kamu melakukannya lagi Vivcha sayang.. dan aqyu akan terus membesar. Aqyu nggak akan pergi sebelum kamu menolak hal yang sebenarnya nggak kamu suka.” Kata si belalang alias Tante Jin.
            “Pergi nggak lo dari kepala gue!”
“O.. Tidak bisa!” Kata si belalang itu sambil mengacak-ngacak rambut Vivcha.
“Aduh, ampun.. Jangan acak-acak rambutku. Kumohon pergilah dari kepalaku!” Pinta Vivcha. Tapi tetep nggak berhasil.
Vivcha keluar dari toilet menuju kelas dengan rambut agak berantakan. Pas Vivcha udah nyampek kelas, tiba-tiba Rike menarik lengan Vivcha minta dianterin ke toilet. Saat itu kelas sudah ramai karena banyak yang udah datang. Sementara itu, Vivcha lagi kalap karena penderitaannya dihinggapi belalang di kepalanya.
“Lepasin nggak, gue udah capek nganterin lo ke toilet. Lo tu udah gede, nggak usah minta dianterin lagi buat ke toilet! Kalian juga jangan lagi-lagi minta tolong sama gue selama lo lo semua masih mampu ngelakuin pekerjaan itu! Emangnya gue ini pembantu kalian semua, apa!” Kata Vivcha
“Habis elo-nya sendiri juga mau, sih!” Tukas Hendra
“Iya. Selama ini gue terpaksa mau ngelakuin itu, biar gue punya teman deket di kelas ini. Sejak gue masuk di sekolah ini, nggak ada yang gue kenal diantara kalian semua. Makannya gue nglakuin itu biar gue bisa berteman dengan kalian semua. Tapi ternyata cara gue salah! Lo, lo semua malah manfaatin gue sebagai babu. Bener-bener jahat!” Emosi Vivcha yang terpendam terhadap teman-temannya sangat meledak-ledak. Saat itu juga belalang alias Tante Jin yang tinggal di kepala Vivcha menghilang.
“ Lho?!” Kata Vivcha sambil memegangi kepalanya.
Sejak saat itu Vivcha sadar dan tidak lagi menyanggupi permintaan temannya yang keterlaluan sama dia, kecuali teman-teman yang bener-bener membutuhkan bantuannya. Dia jadi berani menolak permintaan temannya yang keterluan karena takut belalang itu datang lagi di kepalanya dan jadi terus membesar. Setelah kejadian itu, teman-temannya meminta maaf kepada Vivcha dan  tidak lagi berani menyuruh-nyuruh Vivcha seenaknya. Mereka jadi lebih menghargai Vivcha.  Selain itu Vivcha jadi kembali menjadi Vivcha yang dulu lagi di rumah. Vivcha nggak lagi suka marah-marahin Roni. Mereka jadi akur dan kompak seperti sediakala.
“Kok bisa balik seperti semula, sih?!” Tanya Roni kepada Tante Jin
“Ya iyalah, Tuanku.. masa ya iya dong! Aqyu, gitu loh! Kata Tante Jin.
“Iya, tapi gimana ceritanya?” Roni mulai sedikit jengkel.
“Nggak perlu tahu, deh ini kan masalah pribadi Mbaknya Tuanku, yang penting Mbaknya Tuanku udah kembali seperti semula. Jadi Tuanku nggak perlu tahu, hanya aqyu ma Mbaknya Tuanku aja yang boleh tahu, ganteng!” Kata Tante Jin sambil mencolek dagu Roni.
“Hu dasar, pelit! Udah gitu colek-colek juga!” Kata Roni sebel.
****

No comments:

Post a Comment